Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

E-Payment: Definisi, Cara Kerja dan Keunggulannya

E-Payment: Definisi, Cara Kerja dan Keunggulannya

E-payment atau electronic payment adalah metode pembayaran berbasis elektronik yang memanfaatkan jaringan internet. Pada era sekarang ini, banyak sekali orang yang beralih ke pembayaran digital dan mulai meninggalkan uang tunai. Tidak hanya anak muda saja, tetapi semua kalangan mulai mengaplikasikannya.

Simak artikel ini untuk mengetahui definisi, bagaimana cara kerja, serta keunggulan dari metode pembayaran digital ini.

Definisi E-Payment

Sistem pembayaran yang memanfaatkan perangkat digital atau jaringan internet adalah definisi dari e-payment. Metode pembayaran ini digemari banyak orang karena praktis, efisien dan cepat. 

Pelanggan tidak perlu membawa uang tunai tebal di dalam dompet, dan penjual tidak bingung menyiapkan uang kembalian karena pembayaran secara elektronik dapat ditentukan langsung nominalnya.

Adapun contoh dari sistem pembayaran ini adalah pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit, pembayaran menggunakan saldo e-wallet, dan pembayaran melalui QRIS.

Bagaimana Cara Kerja E-Payment?

Jika penjual ingin menerima pembayaran digital dari pembeli, maka penjual harus memiliki akses ke payment gateway. Pasalnya, segala jenis transaksi pembayaran digital antara penjual dan pembeli akan difasilitasi sistem payment gateway terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa tahapan proses pembayaran elektronik antara pembeli dan penjual :

  • Pembeli yang ingin membeli suatu barang akan mengisi formulir pembelian yang diberikan oleh penjual.
  • Kemudian, penjual mengirimkan data pembayaran tersebut kepada sistem payment gateway.
  • Sistem mulai memproses pembayaran dari pembeli, lalu meneruskannya kepada penjual.
  • Setelah mendapat notifikasi pembayaran, penjual harus melakukan verifikasi pembayaran tersebut.
  • Transaksi selesai dan pembayaran diterima oleh penjual.

Mudah, bukan? Payment gateway meminimalisir penipuan dan sangat membantu bagi penjual maupun pembeli. Tidak heran apabila sudah banyak sekali toko dan warung yang kini beralih ke pembayaran digital.

Apakah Anda ingin mencoba tapi bingung mulai dari mana? Aspire menyediakan sistem e-payment dengan opsi pembayaran lengkap mulai dari QRIS, e-wallet, transfer bank, hingga pembayaran kartu dengan tarif rendah. Tunggu apa lagi? Ayo mulai transaksi pembayaran yang efisien dan terpercaya dengan Aspire!

Keunggulan E-Payment Dibanding Pembayaran Konvensional

Sistem pembayaran berbasis internet ini memiliki banyak keunggulan bagi pembeli dan penjual. Keunggulan tersebut antara lain:

1. Kemudahan dan Kecepatan Transaksi

Keunggulan pertama dari e-payment adalah praktis dan mudah. Penjual tinggal memberikan kode QR atau nomor rekening atau nomor virtual account kepada pembeli. Lalu, pembeli akan melakukan pembayaran dengan cara transfer atau scan kode QR yang tersedia, dan transaksi pun selesai dalam waktu kurang dari 5 menit.

2. Transaksi Lebih Aman dan Terpercaya

Keamanan transaksi terjamin karena ada beberapa tahapan verifikasi yang harus dilakukan sebelum transaksi pembayaran selesai. Selain itu, penjual akan mendapatkan notifikasi apabila transaksi sudah berhasil atau belum dan dapat mengecek jika pembayaran sudah masuk.

3. Memudahkan Pencatatan Keuangan

Jika sebelumnya pendapatan harus dicatat secara manual, maka sekarang pencatatan keuangan jadi lebih otomatis dan efisien karena data terpapar secara rinci dalam sistem pembayaran digital. Selain tercatat lengkap, data tidak mungkin salah karena sudah terverifikasi oleh sistem.

4. Banyak Promosi dan Diskon

Biasanya, ketika melakukan pembayaran secara digital, ada banyak sekali promosi dan potongan harga dibandingkan ketika melakukan pembayaran konvensional. Para pembeli harus rajin mengecek kapan ada promosi dan diskon untuk mendapatkan potongan harga.

5. Transaksi Bebas Tanpa Limit

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan sistem payment gateway, Anda tidak perlu pusing memikirkan batas maksimal transaksi setiap harinya. Pasalnya, sistem ini tidak memiliki limit sehingga penjual bebas menerima sebanyak apapun transaksi setiap harinya.

Apakah Anda Sudah Paham Apa Itu E-Payment?

Pada zaman sekarang ini, banyak orang dari semua kalangan usia mulai beralih ke pembayaran digital karena berbagai alasan seperti mudah, cepat dan aman. Selain itu, e-payment memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan pembayaran tunai. 

Untuk memahami cara kerja dan sistemnya pun terbilang cukup mudah. Jangan sampai ketinggalan, Anda juga bisa menggunakan sistem pembayaran efisien di era modern ini. Hubungi Aspire untuk membantu Anda mengelola e-payment dengan lebih mudah dan dapatkan berbagai keuntungan dalam menjalankan bisnis Anda!

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "E-Payment: Definisi, Cara Kerja dan Keunggulannya "