Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha UMKM Tanpa Jaminan di Amartha

Pinjaman Modal UMKM

Walau sering disebut sebagai usaha dengan modal kecil, nyatanya menjalankan bisnis UMKM diperlukan kesiapan finansial yang baik. Karena sebagai pemilik, kita tentu menginginkan agar usaha tersebut bisa bertahan dalam waktu lama.

Namun, terkadang kita juga akan menghadapi kondisi ketika kehabisan modal untuk mengembangkan usaha. Kemudian harus memutar otak untuk mendapatkan pinjaman yang cepat, dalam jumlah besar dan bisa dikembalikan sesuai kemampuan.

Kamu tidak perlu pusing, karena kita masih bisa mendapatkan pinjaman bahkan tanpa jaminan. Lalu, bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan?

Tips Memilih Pinjaman Modal Tanpa Jaminan

Sebelum memilih platform mana yang bisa memberikan kita pinjaman modal, ada baiknya mengetahui tips memilih pinjaman modal tanpa jaminan berikut ini.

1. Pilih Layanan Terdaftar OJK

Walau banyak platform pinjaman yang menawarkan banyak kemudahan, kamu tetap harus selektif. Pastikan layanan yang kamu pilih, sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Selain menghindarkan kamu dari potensi penipuan atau pencurian data pribadi, hal ini juga sebagai perlindungan jika dalam proses peminjaman kamu mengalami kendala.

2. Lakukan Perbandingan

Jika sudah menemukan beberapa layanan yang sesuai, lakukan perbandingan untuk menentukan mana layanan yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Periksa informasi penting seperti limit pinjaman, batas pengembalian dan beberapa syarat lainnya. Pilih yang paling memudahkan kamu.

3. Periksa Reputasi Perusahaan

Walau layanan yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK, kamu tetap harus mengecek reputasi perusahaan tersebut. Terutama mengenai kondisi keuangan dan sistem peminjaman mereka. Pastikan juga kamu mendapatkan informasi dari sumber terpercaya, seperti website resmi perusahaan dan review pengguna.

4. Sesuaikan dengan Kemampuan

Meski proses peminjaman bisa dilakukan tanpa jaminan apapun, kamu tetap harus menyesuaikan pinjaman dengan kemampuan pembayaran, karena setiap platform memiliki ketentuan sendiri terkait hal ini.

Kamu bisa memilih platform mana yang memberikan pinjaman sesuai kebutuhan, dan menyediakan pilihan pembayaran paling mudah, serta bunga paling rendah. Dengan begitu kamu tidak merasa terbebani untuk melakukan pembayaran.

Pinjaman Modal Usaha Melalui Amartha

Jika saat ini kamu sangat memerlukan tambahan modal usaha dalam waktu cepat, pinjaman kelompok dari Amartha bisa jadi solusi yang tepat. Namun sebelum mengajukan pinjaman ini, kamu perlu membentuk kelompok usaha yang berisikan setidaknya 15 – 25 orang.

Kemudian membuat profil usaha di Amartha, dan menunggu proses verifikasi. Fasilitas ini merupakan upaya Andi Taufan Garuda Putra selaku CEO Amartha, dalam memberikan pinjaman modal usaha tanpa jaminan kepada pelaku bisnis UMKM. Dibuat berdasarkan pengalamannya yang pernah menemui seorang pemilik usaha yang hampir gulung tikar, sebab kehabisan biaya untuk melanjutkan usahanya.

Lewat pembiayaan ini, kamu bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp3.000.000 dengan batas pembayaran hingga 50 Minggu. Menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan tambahan limit pinjaman jika berhasil melakukan pembayaran tepat waktu.

Selain pinjaman modal usaha, kamu pun berkesempatan mendapat pendampingan dari Amartha. Sehingga usaha yang kamu jalankan bisa semakin berkembang, dan mampu melalui berbagai tantangan yang dihadapi, seperti penerapan teknologi untuk bisnis dan persaingan yang ketat dengan pebisnis lainnya.

Sekarang kamu sudah tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya untuk memulai usaha. Kamu hanya perlu mencari ide usaha yang tepat, dan mengukur sejauh mana potensinya memberikan tambahan penghasilan. Setelahnya kamu bisa memanfaatkan berbagai fasilitas dan bantuan yang disediakan Amartha.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha UMKM Tanpa Jaminan di Amartha "