Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membangun Bisnis yang Bisa Diterapkan oleh Pemula

Bisnis untuk Pemula

Semakin hari kebutuhan kita makin meningkat, sedangkan pendapatan tak sebanding dengan pengeluaran. Sehingga perlu mencari sumber penghasilan tambahan, dan salah satunya lewat bisnis. Namun, sebagai pemula kita seringkali kebingungan tentang cara membangun bisnis yang tepat.

Cara Membangun Bisnis untuk Pemula

Jika kamu ingin membangun bisnis dalam waktu dekat, berikut beberapa cara membangun bisnis yang bisa diterapkan oleh pemula, antara lain:

1. Temukan Ide Bisnis

Mencari ide bisnis tidak selalu dengan meniru bisnis yang sudah ada. Berhubung masih pemula, bisnis yang kamu inginkan sebaiknya disesuaikan menurut minat, kebutuhan masyarakat dan modal yang kamu miliki sekarang. Dengan begitu, kamu bisa memilih usaha mana yang mungkin dilakukan dalam waktu dekat.

2. Lakukan Riset

Lakukan riset untuk memastikan ide bisnis yang dipilih bisa diterapkan. Proses ini bisa dimulai dengan menentukan target konsumen, mencari produk atau layanan yang dibutuhkan, melihat kompetitor hingga kendala apa saja yang akan dihadapi.

3. Buat Rencana Bisnis

Hasil riset yang telah dilakukan, bisa kamu jadikan gambaran umum dalam membuat rencana bisnis. Pada tahap ini kamu bisa membuat rincian bisnis dengan lebih detail, meliputi jenis usaha, modal yang dibutuhkan, lokasi, model usaha hingga alur keuangan.

4. Buat Legalitas Usaha

Selain agar usaha kamu tampak lebih profesional, adanya izin usaha juga memudahkan kamu mengakses permodalan, seperti pinjaman modal usaha, pelatihan dan semacamnya. Legalitas usaha juga memungkinkan kamu mengembangkan usaha ke skala yang lebih besar nantinya.

5. Manfaatkan Teknologi

Supaya bisa mengembangkan usaha dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan, kamu harus adaptif dan bisa menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin. Terutama yang bisa membantu memajukan bisnis, seperti promosi di sosial media, pembuatan konten dan teknik digital marketing.

Contoh Bisnis yang Menguntungkan

Jika kamu kesulitan mencari ide usaha yang potensial, berikut beberapa ide usaha yang bisa kamu coba.

1. Jualan Jasa

Bermodal kemampuan dan akses internet, kamu sudah bisa menawarkan jasa sesuai skill yang kamu punya. Ada banyak platform penyedia lowongan pekerjaan yang bisa kamu coba untuk menawarkan jasa dan bekerja secara online dari rumah.

2. Jual Makanan dan Minuman

Kemampuanmu dalam memasak dan meracik minuman juga bisa jadi ide jualan. Jangan malu untuk berkreasi dan menawarkan sample produk usahamu ke orang-orang terdekat, dan minta tanggapan mereka. Sehingga bisa kamu jadi sebagai perbaikan sebelum produk tersebut dipasarkan.

3. Laundry Pakaian

Walau memerlukan modal yang lumayan besar, jasa laundry saat ini sedang tren. Khususnya di kalangan remaja, mahasiswa dan pekerja kantoran yang tidak sempat mencuci pakaian mereka. Jika dijalankan dengan benar, ide bisnis ini juga bisa menjadi lowongan pekerjaan yang menarik untuk orang-orang di sekitar.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Sekarang kendala yang membuat kita masih ragu-ragu adalah modal. Sementara menunggu hingga semua siap terlalu lama. Maka dari itu, kamu bisa mencoba pinjaman kelompok mingguan dari Amartha. Dengan layanan ini, kamu bisa mendapat pembiayaan modal usaha dalam waktu cepat, tanpa jaminan dan waktu pengembalian yang fleksibel.

Akses pembiayaan ini merupakan inisiasi dari Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amartha yang awalnya ingin membantu masyarakat pedesaan di Bogor. Seiring berkembangnya teknologi, akhirnya platform finansial ini dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Dengan mengajukan pinjaman kelompok mingguan di Amartha, kamu bisa mendapat pembiayaan bisnis mulai dari Rp3.000.000 tanpa harus menjaminkan apapun. Kamu hanya perlu membuat kelompok usaha dan mendaftarkannya di aplikasi Amartha. Proses pengembaliannya pun bisa dicicil mingguan selama 50 minggu.

Kini kamu sudah lebih siap untuk memulai bisnis dan mendapat penghasilan tambahan setiap bulan. Selain itu, lewat kelompok usaha yang dibuat, kamu sudah berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitar.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Membangun Bisnis yang Bisa Diterapkan oleh Pemula "