Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Jas Bespoke Agar Penampilan Semakin Keren

Jas Bespoke

Sebelum Anda menghadiri suatu acara formal yang mengharuskan menggunakan setelan jas, maka pastikan Anda memilih jas pria yang benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh, baik dari segi bahan, model maupun ukurannya, sehingga Anda berpenampilan sempurna dan pastinya lebih percaya diri.

Jas pria merupakan salah satu jenis pakaian formal yang hanya dipakai pada kesempatan tertentu saja, misalnya acara pernikahan, rapat dan berbagai acara resmi lainnya. Dengan mengenakan setelan jas pria, akan memberikan kesan rapi dan profesional.

Setelan jas pria biasanya terdiri dari sebuah celana panjang yang dibuat dari bahan yang sama dengan bahan jas. Dewasa ini, terdapat tiga macam kategori jas pria yang dapat ditemukan, yaitu jas pria siap pakai, jas modifikasi dan jas pesanan yang dibuat secara kustom atau jas bespoke.

  • Jas pria siap pakai merupakan kategori jas yang dibuat sesuai standar ukuran tertentu yang ditetapkan oleh pembuat jas.
  • Jas modifikasi merupakan jas yang dijual dalam bentuk jadi, akan tetapi dapat diubah atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pemakainya.
  • Sementara jas kustom atau jas bespoke merupakan jas yang dapat dipesan secara khusus ke penjahit. Anda dapat memilih sendiri bahan dan modelnya sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Mengenal Sejarah Singkat Jas Pria Bespoke

Jas bespoke merupakan hasil keahlian dari seorang tukang jahit profesional yang disesuaikan dengan ukuran, model dan bentuk tubuh si pemakai atau pemesan. Secara historis, jas bespoke telah berkembang sejak abad 12 dan 14 di Eropa.

Di era sekarang ini, masih banyak ditemui penjahit andal dan profesional yang masih mempertahankan keahliannya dalam membuat pakaian mewah dengan cara handmade, termasuk jas bespoke ini. Sejak tahun 1970-an, minat masyarakat terhadap jas bespoke kembali meningkat.

Saat ini tidak sedikit pria yang memutuskan untuk memilih jas bespoke yang dijahit sesuai dengan kebutuhan dan selera pemakainya. Hal ini seolah ingin bernostalgia dengan gaya berpakaian yang klasik, tetapi tetap mempertahankan keanggunannya.

Tips Memilih Jas Bespoke

Jas bespoke sebagai sebuah warisan dari akhir abad ke-18, dinilai telah menjadi sebuah simbol pilihan terbaik bagi para pria yang menghargai keanggunan dan kelas. Hal ini menandakan bahwa pria berjiwa kelas dunia memahami bespoke merupakan suatu fashion yang tiada tandingannya.

Lantas, bagaimana tips memilih jas bespoke untuk mengubah penampilan Anda menjadi lebih istimewa? Berikut Blogmashendra.com akan membagikan 6 poin penting yang dapat Anda jadikan sebagai rekomendasi :

1. Pilih bahan berkualitas

Kenyamanan adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan ketika memilih jas bespoke. Dengan mengenakan setelan jas yang nyaman dan trendi, akan membuat Anda tampil percaya diri. Pilihlah bahan yang berkualitas, tidak panas ketika dipakai dan memiliki kemampuan dalam menyerap keringat.

Apa Itu Jas Bespoke

Pastikan bahan yang digunakan memiliki kualitas yang bagus dan memenuhi beberapa kriteria khusus, mulai dari tingkat kelenturan, berserat padat (high density), mudah dibentuk dan tahan terhadap suhu tinggi.

Secara umum, bahan baku pembuatan jas dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu bahan serat alam, serat sintetis dan serat campuran. Serat alam diproduksi atau dihasilkan oleh tumbuhan, hewan dan geologis. Serat sintetis dibuat dari bahan petrokimia, sehingga lebih kuat dan tahan lama. Dan serat campuran diproduksi dari penggabungan serat alami dan serat sintetis.

2. Model jas pria

Jas bespoke memungkinkan Anda untuk menentukan sendiri model jas yang diinginkan. Pemilihan model jas pria menjadi hal paling krusial. Maka dari itu, pastikan Anda memilih model jas pria yang sesuai dengan lekuk tubuh, tetapi tidak membuat sesak.

Terdapat dua jenis jas pria berdasarkan dari jumlah baris kancing bagian depan, yaitu single breasted (kancing satu baris) dan double breasted (kancing baris dua). 

Single breasted adalah model jas pria yang memiliki penutup bagian depan dengan satu baris kancing. Biasanya memiliki dua atau tiga buah kancing. 

Sementara model double breasted memiliki dua baris kancing. Satu baris kancing berfungsi sebagai pengencang, dan selebihnya adalah sebagai hiasan.

3. Ukuran jas pria 

Tips memilih jas bespoke selanjutnya adalah menentukan ukuran jas yang pas dan sesuai dengan bentuk lekuk tubuh. Perhatikan ukuran secara detail yang berfokus pada bagian bahu, lebar dada, panjang lengan dan panjang jas yang diukur dari bahu. Pastikan ukurannya pas, tidak longgar, apalagi terlalu ketat.

Bagian bahu dianggap sebagai bagian paling penting yang nantinya akan menentukan kenyamanan sebuah jas pria. Berikutnya perhatikan ukuran lebar dada, agar tidak terlihat kedodoran atau terlalu ketat. Panjang jas juga sebaiknya memiliki rentang yang cukup untuk menutupi bagian depan dan belakang tubuh.

Pastikan ukuran lengan jas juga pas, dalam artian tidak terlalu pendek atau kepanjangan, sehingga penampilan terlihat sempurna. 

4. Warna jas pria

Kelebihan membeli jas pria kustom, Anda dapat dengan bebas memilih warna jas sesuai dengan kebutuhan ataupun selera Anda. Memilih warna setelan jas yang tepat, akan membantu meningkatkan kepercayaan diri ketika tampil di depan orang banyak.

Agar mendapatkan jas yang sesuai kebutuhan, setidaknya ada dua hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik, yaitu sesuaikan warna jas dengan tone kulit dan sesuaikan warna jas dengan tema acara yang ingin Anda hadiri.

5. Motif jas pria 

Anda juga dapat menambahkan motif pada jas bespoke sesuai dengan selera. Namun, ada baiknya untuk menyesuaikan motif jas dengan tema acara dan juga postur tubuh. 

Berikut ini adalah beberapa motif jas pria yang dapat Anda pilih :

Motif polkadot

Motif polkadot adalah sebuah motif pola bintik-bintik yang beraturan dengan beberapa variasi warna. Motif ini memberikan kesan santai dan keceriaan yang menyenangkan. Motif polkadot juga dipercaya sebagai pembawa kebahagiaan dan kemakmuran bagi sebagian orang.

Motif herringbone

Berbeda dengan motif titik-titik polkadot, motif herringbone terdiri dari sekumpulan persegi panjang atau jajaran genjang yang membentuk pola zig-zag teratur. Strukturnya serupa dengan bentuk tulang ikan herring.

Motif kotak-kotak

Motif ini berpola kotak persegi empat yang terdiri dari variasi warna yang beragam. Biasanya jas dengan motif kotak-kotak cocok digunakan untuk acara formal maupun casual.

Motif garis-garis

Motif ini memiliki sifat universal yang dapat digunakan oleh siapa saja. Motif garis vertikal memberi kesan ramping. Sementara motif garis-garis horizontal memberi kesan terlihat lebih gemuk.

6. Perhatikan kualitas jahitan

Anda perlu memperhatikan secara detail kualitas dari hasil jahitan pada jas, mulai dari kehalusan, kerapihan dan kekuatan jahitan. Maka dari itu, dibutuhkan seorang penjahit profesional yang memiliki jam terbang tinggi agar kualitas jahitan pada jas tetap terjaga dengan baik.

Kualitas jahitan dapat diperhatikan mulai dari :

  • Garis leher harus pas, tidak terlalu tinggi ataupun sebaliknya, tidak terlalu rendah.
  • Kelepak kerah mengikuti bentuk tubuh (tidak terbuka atau berdiri).
  • Memiliki garis tepi yang rapi dan tidak terdapat kerutan.
  • Perhatikan posisi penempatan saku harus sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.
  • Lengan pada jas memiliki bentuk menggantung dengan lurus, sekeliling kepala lengan rata dan tidak terdapat kerutan.
  • Tampilan garis terlihat rapi, pas dan tidak ada bagian yang terlepas.

Henri Winata Bespoke : The Real Bespoke in Indonesia 

Jika Anda memiliki rencana untuk membuat jas bespoke, maka tidak luput dari nama Henri Winata, yang merupakan salah satu pembuat jas bespoke muda di Indonesia. Sebagai seorang perancang busana, Henri Winata menjadi sosok pionir yang mengenalkan jas bespoke di Indonesia.

Jas Premium di Jakarta

Bagi Anda yang menginginkan jas premium di Jakarta serta kesempurnaan dalam setiap potongan jas, maka Henri Winata adalah pilihan yang tepat. Dengan mengacu pada European Tailoring Rules, yakni menggunakan 100 persen bahan alami : silk, wool, cotton dan lain sebagainya. 

Selain itu menggunakan teknik pembuatan jas Full Canvas (no fused). Pembuatan pola juga dilakukan semenjak awal (sesuai ukuran tubuh si pemakai). Tidak juga menggunakan master paper pattern (pola yang telah ada : ukuran S. M. L. XL). Dengan demikian jas bespoke karya Henri Winata terlihat lebih sempurna.

Konklusi

Jangan sampai Anda kehilangan momen berharga hanya gara-gara setelan jas yang nampak kurang proper, sehingga meninggalkan kesan memalukan. Apalagi acara yang Anda hadiri sangat berarti bagi karir dan masa depan Anda.

Dapatkan pengalaman pembuatan jas premium di Jakarta hanya di Henri Winata yang berlokasi di PIK, Jakarta Utara. Rasakan perbedaan dari pelayanan dan kualitas premium yang ditawarkan. 

Jas Bespoke Henri Winata

Untuk informasi dan pemesanan, silakan hubungi :

  • Alamat (Jakarta) : Jl Townhouse Emerald No 63, Kamal Muara, Jakarta Utara 14470 
  • Alamat (Medan) : Jl Tamiang No 7G, Kota Medan, Sumatera Utara 20232
  • Email : admin@henriwinata.com
  • WA : 0811 8886 606 (Jakarta) dan 0823 6852 8267 (Medan)
  • IG : henriwinata.bespoke
  • Website : www.henriwinata.com

Semoga tips memilih jas bespoke di artikel ini bisa memberikan inspirasi kepada Anda dalam mengenakan setelan jas sekaligus menambah rekomendasi pembuatan jas pria terbaik. 

Semoga bermanfaat.

Disclaimer : 

semua gambar diambil dari website https://www.henriwinata.com

Referensi :

- https://www.henriwinata.com

- https://fitinline.com/article/read/8-tips-memilih-jas-pria-yang-tepat-sesuai-bentuk-tubuh/

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Jas Bespoke Agar Penampilan Semakin Keren"