Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Kuliner Khas Spanyol yang Menggugah Selera

Kuliner Khas Spanyol

Selain dikenal dengan tempat wisata bersejarah yang unik dan menarik, Spanyol juga terkenal dengan ragam kulinernya yang cukup populer di seluruh dunia. Maka tidak heran, jika pengunjung ke negara tersebut terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang memilih liburan di Spanyol dan menikmati kuliner khas Spanyol.

Wilayah Spanyol dikenal dengan Iberia yang terdiri dari semenanjung multikultural yang sangat berwarna. Wilayah ini memiliki sejarah yang panjang dan telah dipengaruhi oleh berbagai macam budaya maupun peradaban. Karena keberagaman budaya tersebut, membuat kuliner khas Spanyol pun turut bervariasi, mulai dari masakan segar pesisir hingga kudapan hangat khas pegunungan.

Kuliner Khas Spanyol yang Memiliki Cita Rasa Khas dan Unik

Masing-masing negara menyajikan menu makanan khas yang unik dan menggugah selera. Salah satunya adalah Spanyol yang juga memiliki ragam kuliner khas yang bakalan membuat Anda ketagihan. Lantas, apa saja kuliner khas Spanyol yang perlu Anda coba? Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Arros a banda

Kuliner khas Spanyol yang populer adalah arroz a banda (istilah dari Valencia untuk menu nasi seafood, diterjemahkan menjadi arroz a banda dalam bahasa Spanyol), merupakan hidangan nasi yang dimasak dengan mencampurkan kaldu ikan, khas daerah pesisir Alicante (Valencia).

Arros A Banda Santi Restaurante

Hidangan nasi seafood ini biasanya dibuat menggunakan campuran cumi-cumi dan udang, tergantung dari selera masing-masing. Paduan bumbu rempah, seperti paprika dan kunyit serta kaldu ikan, menjadikan hidangan arros a banda ini memiliki cita rasa yang sangat khas.

2. Pulpo a la gallega

Masih dari kuliner berbahan dasar seafood atau makanan laut, makanan ringan yang berasal dari Galicia ini dibuat dari tentakel gurita (pulpo) rebus yang dipotong, lalu ditaburi minyak zaitun, garam dan paprika bubuk. Kuliner yang satu ini biasanya disajikan bersama dengan kentang rebus. 


Ada cara tersendiri yang cukup unik untuk menikmati makanan khas Spanyol ini, yakni dihidangkan di atas piring kayu tradisional. Sebuah rumor mengatakan, bahwa hidangan tersebut berasal dari pameran di akhir abad ke-19, di mana para pedagang membawa gurita mereka sendiri dan memasaknya dengan minyak zaitun dan banyak paprika. Hingga akhirnya menu ini tidak luput ketika diadakan sebuah pesta di sana.

3. Fideua

Pantai Mediterania di Spanyol memiliki keahlian tersendiri dalam memasak. Salah satu hidangan yang paling khas adalah pasta paella (fideua). Kuliner ini mirip seperti seafood paella, tetapi dibuat dari bahan dasar mie yang disebut fideus. Untuk hidangan fideua ini menggunakan ikan biksu dan kerang. Jika tidak ada ikan biksu, bisa diganti dengan ikan bass, kakap, halibut ataupun kerang. 

Kuliner Khas Spanyol Fideua

Bagi Anda penggemar mie, fideua merupakan pilihan yang tepat sebagai pengganti nasi. Pasta fideua digoreng, lalu direndam dalam kaldu ikan biksu, kerang, sayuran dan sedikit kunyit untuk menambah cita rasa. Orang-orang Catalan dan Valencia di Timur Laut Spanyol adalah penggemar berat dari pasta paella ini.

4. Paella

Paella merupakan kuliner khas Spanyol yang berasal dari Valencia di pantai timur Spanyol. Hidangan tradisional ini dimasak menggunakan panci khusus bernama "paellera". Untuk tambahan proteinnya menggunakan daging ayam, daging kelinci, sayur mayur hingga seafood segar hasil tangkapan. Paella telah menjadi hidangan utama bagi masyarakat Spanyol dan pengaruh budayanya telah menyebar ke mancanegara, termasuk di Indonesia.

Kuliner Khas Spanyol Paella

Konon katanya bagian paling lezat dari paella adalah kerak nasi yang menempel di bagian bawah panci. Nasi yang telah diberi bumbu ini sangat nikmat, apalagi jika ditambah dengan udang segar dan berbagai makanan laut lainnya. Bagi Anda yang sedang liburan ke Spanyol, tidak ada salahnya mencoba kuliner yang satu ini loh!

5. Churros

Sebagai makanan penutup, rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba churros. Makanan ini dibuat dari adonan tepung terigu, air dan garam yang dicetak berbentuk gelombang menggunakan alat yang disebut churrera, lalu digoreng dalam minyak yang panas. Churros biasanya dilapisi dengan gula dan kayu manis, lalu disajikan dengan cokelat panas untuk dicelupkan.

Banyak sumber menyebutkan jika churros berasal dari Spanyol dan juga Portugal pada abad ke-16, ketika penjajah Spanyol membawa bahan-bahan dan teknik pembuatan kue dari Tiongkok. Churros menjadi hidangan penutup yang populer di seluruh wilayah Spanyol pada abad ke-19 dan tetap menjadi hidangan penutup yang populer di seluruh dunia sampai sekarang.

Menikmati Kuliner Spanyol di Santi Restaurante

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Spanyol, Anda wajib untuk mencicipi menu-menu makanan khas Spanyol yang terkenal memiliki keunikan dan cita rasa yang khas. Salah satu restoran yang bisa Anda kunjungi adalah Santi Restaurante yang berada di Muelle de Levante, 8, 03001, Alicante, Spanyol.

Restoran Tepi Laut di Spanyol

Selain ke-5 kuliner di atas, Santi Restaurante juga menyajikan hidangan khas Spanyol lainnya, mulai dari Boquerones al Limon, Mil Hojas, Ensaladilla Rusa, Leche Frita dan de Rabo de Toro.

Restoran Spanyol ini menyediakan berbagai menu makanan laut, Mediterania, Eropa dan Spanyol. Bagi Anda yang sedang dalam program diet, tetap bisa menikmati menu vegetarian yang tersedia.

Restoran Santi Spanyol

Nikmati makanan favorit Anda bersama keluarga ataupun relasi dengan pemandangan alam laut lepas yang indah. Anda bisa memilih untuk makan di ruang terbuka atau di dalam restoran. Tersedia juga Wi-Fi gratis untuk tetap bisa berselancar di dunia maya.

Untuk informasi lebih lengkap dan reservasi secara online, Anda bisa mengunjungi link berikut : https://www.restaurantesantipuerto.com/

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Rekomendasi Kuliner Khas Spanyol yang Menggugah Selera"

  1. Cuma churros aja yang nggak asing bagi saya karena disini sudah banyak yang jual. Kalau yang lainnya belum. Semoga nanti ada kesempatan nyobain yang lainnya juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pribadi satu pun belum ada yang pernah nyobain Mba. Tapi rata-rata sih keliatannya enak dan lezat ya. Apalagi sebagian besar bahannya dari seafood 🦞

      Hapus