Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Parfum EDT dan EDP

Perbedaan Parfum EDT dan EDP

Sebelum mulai beraktivitas, saya terbiasa memakai parfum agar lebih percaya diri saat menjalani rutinitas harian. Apalagi saya selalu bertemu banyak orang, sehingga pakai parfum merupakan suatu keharusan bagi saya. Selain meningkatkan rasa percaya diri, juga membuat orang-orang di sekitar jadi lebih nyaman.

Coba kamu bayangkan saja ketika kamu bertemu dengan seseorang yang memiliki aroma badan yang kurang sedap, pastinya kamu bakalan merasa tidak nyaman bukan? Apalagi bertemu dengan orang yang sama setiap hari, tentunya teman-teman akan selalu menghindar.

Kalau saya ditanya parfum apa yang paling wangi, ya tentu jawabannya semua parfum itu wangi. Hanya saja setiap orang memiliki selera yang berbeda soal wangi parfum. Ada yang suka dengan aroma yang strong atau kuat. Ada juga yang menyukai aroma yang soft atau lembut, termasuk saya pribadi menyukai aroma yang lembut atau termasuk ke dalam jenis parfum Eau de Toilette.

Namun perlu diperhatikan, pemakaian parfum dan pemilihan aroma parfum yang tepat, akan membuat aromanya mampu bertahan sepanjang hari. Terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, tentu membutuhkan parfum yang tahan lama agar kamu tetap percaya diri sepanjang hari.

Nah, perlu kamu ketahui, ada dua pilihan yang bisa kamu coba, yaitu EDT atau Eau de Toilette dan EDP atau Eau de Parfum. Mungkin kamu mengira jika kedua jenis wewangian ini adalah sama, padahal sebenarnya berbeda.

Baik EDT ataupun EDP memiliki kandungan dengan kadar yang berbeda, sehingga daya tahan wanginya pun berbeda. Lantas, mana nih yang paling cocok dan lebih baik? Agar kamu tidak salah pilih, mari sama-sama kita cari tahu terlebih dulu perbedaan parfum EDT dan EDP. Namun sebelumnya, mari kita bahas pengertian Eau de Toilette dan Eau de Parfum.

Apa Itu Eau de Toilette?

Bagi kamu yang sering memakai parfum, ada baiknya mengetahui lebih dulu apa itu Eau de Toilette, sehingga kamu bisa lebih optimal lagi dalam memanfaatkan wangi parfum. EDT merupakan jenis wewangian yang memiliki aroma yang lebih lembut. Kata Eau de Toilette diambil dari istilah bahasa Perancis "Faire sa Toilette" yang artinya bersiap-siap.

Konsentrasi wangi yang lebih ringan, yakni berkisar antara 8% dan 12% minyak parfum esensial, membuat parfum EDT merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai aroma lembut. Selain itu juga EDT sangat cocok untuk dipakai dalam akativitas sehari-hari ataupun bekerja.

Dikutip dari laman Lifestyle Asia, biasanya parfum EDT mampu bertahan antara 2 hingga 3 jam saja setelah disemprotkan, karena kandungan konsentrasinya yang rendah membuatnya lebih ringan dan ketahanannya lebih singkat.

Apa Itu Eau de Parfum?

Berbeda dengan EDT, parfum jenis EDP memiliki formula dan konsentrasi minyak parfum yang lebih kuat, sehingga sangat cocok dipakai untuk beraktivitas seharian. Parfum dengan konsentrasi lebih tinggi mengandung lebih sedikit alkohol dan lebih banyak minyak parfum.

Konsentrasi EDP lebih tinggi dibanding EDT, yakni berkisar antara 12% dan 18% minyak parfum murni. Bagi kamu penyuka aroma yang kuat dan tahan lama, maka parfum EDP ini bakalan cocok deh.

Mengenal Perbedaan Parfum EDT dan EDP

Setelah kamu mengetahui apa itu parfum EDT dan EDP, mari kita cari tahu perbedaan keduanya. Bahan yang digunakan keduanya memang kurang lebih sama, yakni minyak esensial yang diambil dari bunga, buah, kayu dan bahan lainnya yang kemudian dicampur dengan alkohol.

Yang membedakan dari keduanya adalah kadar minyak esensial dan kadar alkohol yang digunakan. Berikut ini adalah perbedaan Eau de Toilette dan Eau de Parfum yang perlu kamu ketahui agar tidak salah pilih :

  • Aroma parfum dari Eau de Toilette cenderung lebih ringan, sementara Eau de Parfum aromanya jauh lebih wangi dan lebih kental
  • Eau de Toilette memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi, yakni berkisar antara 5 - 15%, sehingga wanginya lebih cepat menguap. Eau de Parfum memiliki kandungan alkohol yang lebih rendah, sehingga tidak cepat menguap
  • Kadar minyak esensial Eau de Toilette hanya 8-12% saja, lebih rendah jika dibandingkan dengan Eau de Parfum, sekitar 12-18%
  • Dari segi ketahanan, parfum jenis Eau de Toilette hanya mampu bertahan sekitar 2 hingga 3 jam saja. Sementara eau de Parfum wanginya bisa bertahan lebih lama atau bahkan seharian
  • Konsistensi Eau de Toilette lebih cair, sehingga biasanya botol kemasannya berupa botol semprot. Sedangkan Eau de Parfum konsistensinya lebih kental, dan dikemas dalam botol sumbat, seperti botol serum wajah
  • Parfum Eau de Toilette bisa disemprotkan di mana saja, misalnya saja banyak yang menyemprotkan di area leher dan pergelangan tangan. Sementara Eau de Parfum cukup pakai sedikit saja di titik-titik nadi, bisa juga di area leher dan belakang siku
  • Parfum Eau de Toilette cocok untuk dipakai sehari-hari. Berbeda dengan Eau de Parfum yang cocok untuk dipakai ke acara spesial, misalnya saja kondangan atau acara arisan. Namun bisa saja dipakai untuk sehari-hari agar mendapatkan aroma yang lebih awet seharian
  • Harga Eau de Toilette cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan parfum Eau de Parfum. Ya wajar saja sih, karena nilai kandungan minyak esensialnya juga berbeda

Dengan mengetahui perbedaan parfum EDT dan EDP, diharapkan kamu akan lebih memahami lagi dalam memakai parfum yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

Rekomendasi Parfum Pria yang Wanginya Soft dan Ringan

Seperti sudah dijelaskan di atas, jika saya termasuk yang menyukai aroma parfum yang ringan atau lembut. Nah, bagi kamu para pria yang saat ini juga sedang mencari parfum Eau de Toilette, saya punya rekomendasinya nih. Keempat parfum pria aroma soft ini keluaran dari Kahf loh. Siapa sih yang tidak kenal dengan brand yang satu ini.

Harga Parfum Kahf

Kahf merupakan brand skincare khusus untuk pria yang produk-produknya relevan dengan kebutuhan pria saat ini. Produk Kahf halal, berkualitas serta terinspirasi dari alam untuk merawat kulit, serta kebersihan diri. Kahf juga dilengkapi dengan formula yang ringan dengan teknologi HydroBalance.

Teknologi HydroBalance dinilai mampu menjaga keseimbangan air pada kulit, sehingga kulit akan terasa lebih lembab. Tidak hanya itu saja, rangkaian produk skincare dari Kahf ini juga aman untuk semua jenis kulit. 

Nah, berikut saya rekomendasikan empat produk parfum Eau de Toilette dari Kahf yang cocok bagi kamu para pria penyuka wangi yang lembut : 

1. Kahf True Brotherhood Eau de Toilette 35 ML

Parfum Eau de Toilette Kahf True Brotherhood 35 ML

Parfum pria Kahf yang pertama ini dibuat dari bahan-bahan alam, seperti cinnamon, orange, lemon, tobacco, cypress, lavender, tonka beans, cedarwood dan incense. 

Rasakan aroma rempah cinnamon dan tonka beans yang cocok untuk menemani aktivitasmu sepanjang hari. Dengan perpaduan lavender dan incense yang merefleksikan arti penting kebersamaan.

Semprotkan parfum secukupnya ke pakaian dan area tubuh yang kamu inginkan. Hindari area mata, hidung dan mulut saat menyemprotkan parfum. Harga saat ini Rp 65.450.

2. Kahf Humbling Forest Eau de Toilette 35 ML

Parfum Eau de Toilette Kahf Humbling Forest 35 ML

Perpaduan aroma dedaunan dari alam, cypress dan cedarwood akan memberikan sentuhan aromatik yang sejuk untuk menemani aktivitas sepanjang hari. 

Dibuat dari bahan-bahan cypress, rosemary, grapefruit, cedarwood, guaiac wood, jasmine, patchouli, sandalwood dan musk. Harga saat ini Rp 65.450.

3. Kahf Invigorating Waterfall Eau de Toilette 35 ML

Parfum Eau de Toilette Kahf Invigorating Waterfall 35 ML

Perpaduan aroma aquatic dan floral akan memberikan kesan yang sejuk layaknya air terjun. Aroma citrus dan aromatik akan menambah energi pada setiap aktivitasmu.

Dibuat dari bahan-bahan marine watery, lemon, cedarwood, transparent floral, violet, dry amber, pathcouli, vetiver dan musk. Harga saat ini adalah Rp 65.450.

4. Kahf Revered Oud Eau de Toilette 35 ML

Parfum Eau de Toilette Kahf Revered Oud 35 ML

Dengan memakai parfum Kahf Revered Oud akan mengajakmu pada warisan budaya yang melekat, berkat perpaduan aroma oud dan amber. Ditambah lagi dengan aroma hint gourmand dan vanilla membawa kembali mengenang manisnya masa lalu. Sentuhan awal rose membuatmu semakin jatuh cinta pada tempat awal.

Dibuat dari bahan-bahan ethanol, aqua, fragrance, trideceth-9, PEG-40 hydrogenated castor oil, polysorbate 20 dan benzophenone-2. Harga saat ini Rp 65.450.

Konklusi

Sebelum menutup artikel ini, pilihlah parfum yang sesuai dengan selera dan kebutuhan juga, sehingga aromanya membuat kamu dan orang-orang di sekitar menjadi nyaman. Maka dari itu, Kahf hadir memenuhi kebutuhan parfum pria beraroma lembut yang sangat cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Dengan harga yang relatif terjangkau, kamu akan mendapatkan aroma parfum yang ringan dan disukai banyak orang. Yuk beri kesan yang tidak terlupakan kepada orang-orang di sekelilingmu atau orang yang baru kamu kenal dengan wangi parfum dari Kahf.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Parfum EDT dan EDP"