Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Motor di Lelang Motor

Tips Membeli Motor di Lelang Motor

Membeli motor melalui lelang bisa menjadi cara yang efisien untuk mendapatkan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, proses lelang juga memerlukan kehati-hatian dan persiapan yang matang agar kamu tidak kecewa dengan hasilnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam membeli motor di pelelangan.

Tips Membeli Motor di Lelang Motor

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Sebelum mengikuti lelang, penting untuk melakukan riset mendalam mengenai balai lelang yang akan kamu ikuti. Carilah informasi tentang reputasi balai lelang tersebut dengan membaca ulasan dari peserta sebelumnya.

Pastikan bahwa balai lelang tersebut memiliki izin resmi dan beroperasi secara legal. Mengetahui latar belakang balai lelang akan membantumu merasa lebih aman dan percaya diri dalam proses lelang.

2. Tentukan anggaran

Menentukan anggaran sebelum mengikuti lelang sangat penting untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkontrol. Tetapkan batas maksimal yang siap kamu keluarkan untuk membeli motor dan patuhi anggaran tersebut secara disiplin.

Lelang bisa sangat kompetitif, dan mudah sekali terbawa emosi saat memberikan penawaran. Dengan memiliki anggaran yang jelas, kamu bisa mengontrol diri dan tidak mengeluarkan uang lebih dari yang telah direncanakan.

3. Inspeksi kendaraan dengan teliti

Sebelum hari lelang tiba, biasanya balai lelang akan memberikan kesempatan kepada calon pembeli untuk melakukan inspeksi kendaraan (open house). Manfaatkan kesempatan ini untuk memeriksa kondisi motor secara menyeluruh. Periksa bagian body, roda, mesin hingga rangka motor.

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup, sewalah jasa profesional untuk membantumu menilai kondisi motor. Pastikan juga untuk memeriksa dokumen kendaraan, seperti BPKB dan STNK untuk memastikan legalitasnya.

4. Pahami sejarah kendaraan

Mengetahui sejarah kendaraan sangat penting sebelum memutuskan untuk membeli. Beberapa balai lelang menyediakan laporan sejarah kendaraan yang mencakup informasi tentang kecelakaan, perbaikan besar atau masalah lainnya. 

Informasi ini sangat penting untuk menghindari motor yang bermasalah dan memastikan bahwa kamu membeli kendaraan yang masih layak.

5. Perhatikan biaya tambahan

Selain harga yang kamu rencanakan untuk membeli motor di lelang motor, perhatikan juga biaya lain-lain yang mungkin dibebankan kepadamu. Biaya tersebut mungkin saja biaya administrasi, pendaftaran, deposit atau biaya lainnya. Pastikan kamu mengetahui dan menghitung semua biaya tersebut dalam anggaran.

6. Bersiaplah untuk persaingan

Persaingan di lelang seringkali cukup ketat. Siapkan mentalmu untuk bersaing dengan peserta lain yang memperebutkan motor incaran yang sama. Tenang selalu dan jangan terbawa emosi. Jika harga sudah lebih dari anggaran, mundurlah dari persaingan. Sebab masih ada hari lain dan masih banyak motor lain yang akan dilelang di kemudian hari.

7. Hati-hati ketika mengikuti lelang online

Lelang juga bisa diikuti secara online, sehingga lebih nyaman, karena suasana persaingan tidak langsung kamu rasakan. Yang penting pastikan platform lelang online aman dan cara kerjanya transparan.

Agar lebih mudah, ikut saja lelang motor di balai lelang Auksi. Lelangnya diselenggarakan secara online dan offline dengan proses yang transparan. Lelang juga diadakan secara rutin, sehingga jika kamu gagal di lelang hari ini, kamu bisa ikutan lagi di lelang-lelang berikutnya.

Semoga bermanfaat.

16 komentar untuk "Tips Membeli Motor di Lelang Motor"

  1. Pernah dengar bahwa barang yang dilelang itu biasanya masih bagus. Tapi sampai sekarang saya belum pernah ikutan lelang. Sepertinya seru ya..

    BalasHapus
  2. Nah ini, kalau urusan beli motor di tempat pelelangan memang gampang-gampang susah. Harus mengetahui track record penyelenggaranya dulu sih kak. Pernah beberapa kali ditawari, tapi karena penyelenggara terasa aneh, akhirnya urung.

    BalasHapus
  3. Klo beli motor dengan sistem lelang ini, kita bakal rugi atau untung ya. Trus misal harus riset motor itu sendiri apakah ngga kemakan waktu batasan lelang gitu. Karena biasanya klo lelang ada maksimal hari ya.

    BalasHapus
  4. Memang kudu tahu lebih dulu kendaraan lelang yang akan dibeli itu udah pernah dipakai buat apa aja. Karena biar bisa memastikan ya panjang umurnya itu motor sampai berapa

    BalasHapus
  5. Lelang kendaraan, termasuk motor sekarang sudah bisa dilakukan secara online ya. Tapi tetap yang paling utama, cek dan ricek yang melakukan lelang. dan kalau yang bagus dan legal, pasti mempunyai tempat sendiri yang memajang kendaraan lelangnya. Terus memang akan bisa ke sana langsung untuk cek kondisi kendaraannya plus surat-suratnya.

    BalasHapus
  6. selain motor, ada lelang gadget juga gak? molly tertarik beli iphone lelang nih kalo ada yang lelang online.

    BalasHapus
  7. Kalo beli barang di tempat lelang itu jatuhnya mahal atau lebih murah ya? Mengingat ada persaingan antar pelelang. Saya belum pernah ikut lelang

    BalasHapus
  8. Sama kayak beli motor bekas, beli motor lelang juga harus sedetail itu ya. Biar nggak boncos. Memang harusnya pilih platform lelang yg aman aja, seepprti Auksi.

    BalasHapus
  9. Waduh kalo lelang online kok aku belum berani dan sepenuhnya percaya yaaa,. apalagi zaman kek gini, bahkan video pun bisa diedit meskipun itu lagi live hikss

    BalasHapus
  10. Iya ya. Berabe kalau kita tidak menetapkan batasan anggaran buat ikut lelang. Karena bisa jadi kita keikut arus. Nah, kalau ada waktu buat inspeksi mending inspeksi dulu. BIar nggak beli kucing dalam karung ya.

    BalasHapus
  11. Membeli barang lelang emang agak tricky pastinya yah. Jadi harus tahu triknya biar ngga rugi. Pertama emang harus riset dulu apakah balai lelangnya punya izin resmi dan tentu saja tentukan budget juga.hati-hati kalau mau ikutan lelang online, mending ikutan lelang motor di balai lelang Auksi yang transparan.

    BalasHapus
  12. Pernah dengar kalau beli kendaraan lelang banyak yang bagus dan harga juga murah. Tapi saya belum berani kalau untuk ikut beli barang lelang

    BalasHapus
  13. 7 hal ini emg wajib kita ketahui sih. Apalagi sejarahnya/riwayatnya lah. Ntr bekas tabrakan cm dipoles dikit jd bagus kan bahaya jg. Ada biaya di belakang yg hrs diperhitungkan. Jd emg hrs teliti luar dlm sih.

    BalasHapus
  14. Sekarang sistem beli motor saja sudah sangat beragam, bahkan ada yang via lelang, online pula Wak. Mantap memang kemajuan zaman sekarang ini, ya

    BalasHapus
  15. Belum pernah ikutan lelang. Tapi bisa dicoba kalau harganya oke, hehhee..
    Masalah dapet gak dapet, itu rejeki dan yang pasti, ikutan lelang motor di balai lelang Auksi menjadikan pelajaran untuk survey jenis kendaraan dan menaksirnya dengan harga yang sesuai.

    BalasHapus
  16. Pernah denger dari teman yang suka banget ikut lelang di balai lelang. Katanya barangnya masih dalam kondisi bagus lho. Cuma ya gitu, kitanya mesti survey jenis kendaraan dan punya kemampuan menaksir harga pasar ya, supaya gak jebol juga budgetnya

    BalasHapus