Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal PAFI dan Sepak Terjang PAFI Kabupaten Kapuas

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi artikel yang akan mengangkat tema seputar farmasi. Bahasan dari bidang ilmu kesehatan yang satu ini memang cukup menyenangkan untuk diikuti. Selain menambah wawasan, sekaligus dapat menjadi referensi, khususnya bagi Anda yang bergelut dalam dunia kesehatan.

Bidang farmasi memang dikenal berkecimpung di dalam dunia obat-obatan. Sama halnya seperti apoteker. Namun perlu Anda ketahui, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam konteks dunia kesehatan. 

Jika farmasi lebih fokus pada penelitian, pengembangan dan produksi obat-obatan. Sementara apoteker terlibat secara langsung dalam pemberian obat kepada pasien, memberikan informasi tentang penggunaan obat dan menjaga agar proses distribusi obat berjalan dengan baik di apotek.

Meski keduanya memiliki peran yang berbeda, tetapi keduanya saling melengkapi dalam rangka memberikan perawatan kesehatan yang optimal kepada masyarakat. Namun kali ini saya hanya akan membahas mengenai farmasi saja.

Apa Itu Farmasi?

Menurut laman Wikipedia, "farmasi" diambil dari serapan bahasa Inggris, yakni "pharmacy". Kata ini sebenarnya mengakar dari kata "pharmacon" yang merupakan sebutan dari bangsa Yunani Kuno untuk "obat". 

Farmasi sendiri merupakan cabang ilmu yang mempelajari berbagai seluk-beluk mengenai obat. Ilmu farmasi merupakan terapan dari (setidaknya) tiga bidang ilmu, yaitu kedokteran, kimia dan biologi. Tidak hanya fokus pada ilmu eksakta saja, ilmu farmasi juga meliputi bidang ilmu sosial, seperti Manajemen Farmasi dan Farmakoekonomi.

Apa Itu Farmasi

Mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009, tentang Pekerjaan Kefarmasian, meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian atau penyaluran obat, bahan obat dan obat tradisional.

Selain itu juga diatur dalam regulasi tersebut bahwa pekerjaan kefarmasian hanya berhak dilakukan oleh para tenaga kefarmasian yang terdiri dari :

1. Apoteker (apt.)

2. Tenaga teknis kefarmasian, yang terdiri dari : 

  • Sarjana farmasi (S.Farm.)
  • Ahli madya farmasi (A.Md.Farm)
  • Analisis farmasi
  • Tenaga menengah farmasi/asisten apoteker

Peranan Farmasi di Masyarakat

Farmasi memiliki peranan yang sangat penting di tengah masyarakat. Seiring berjalannya waktu, bidang farmasi akan terus berkembang agar dapat menyongsong visi Indonesia sehat pada tahun 2025.

Seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 39 Tahun 2016, bahwa tujuan dilaksanakan Program Indonesia Sehat adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat sekaligus pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial serta pemerataan pelayanan kesehatan.

Adapun tujuan dari peran farmasi adalah agar masyarakat lebih sadar akan perilaku hidup sehat, menjaga lingkungan yang sehat dan mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup lebih sehat.

Berikut beberapa peran farmasi dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat :

  • Memberikan pelayanan kefarmasian kepada pasien dan berinteraksi secara langsung (patient care)
  • Memberikan wawasan mengenai kesehatan dan informasi seputar obat kepada masyarakat luas
  • Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup sehat
  • Memelihara pelayanan kesehatan yang berkualitas dan dapat terjangkau untuk seluruh kalangan masyarakat, yaitu dengan cara mengatasi terjadi peredaran obat bebas di pasaran
  • Meningkatkan pembangunan dalam bidang kesehatan agar masyarakat mendapatkan derajat kesehatan yang tinggi, karena hal ini merupakan hak fundamental bagi setiap orang tanpa membeda-bedakan

Mengenal Organisasi PAFI dan Tujuan Berdirinya PAFI 

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia adalah suatu wadah atau organisasi yang menghimpun para ahli farmasi sekaligus sebagai organisasi asosiasi farmasi tertua yang ada di Indonesia. PAFI didirikan di Yogyakarta pada tanggal 13 Februari 1946. 

Logo PAFI

PAFI didirikan bertujuan mengumpulkan para ahli farmasi yang saat itu jumlahnya masih sangat terbatas, yang berlandaskan oleh keinginan yang kuat untuk turut serta membangun bangsa melalui keahlian yang dimiliki oleh para ahli farmasi di Indonesia.

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI bertempat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila. Organisasi ini merupakan organisasi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

Berikut adalah beberapa tujuan dari organisasi PAFI yang perlu Anda ketahui :

  • Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota 

PAFI Kabupaten Kapuas

PAFI Kabupaten Kapuas merupakan cabang dari organisasi PAFI yang berada wilayah Kabupaten Kapuas, tepatnya di Jl. Cilik Riwut, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Dengan Anda tertarik untuk bergabung menjadi anggota PAFI, maka Anda memiliki peluang untuk berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

PAFI Kabupaten Kapuas juga turut andil dalam meningkatkan sekaligus memaksimalkan fungsi maupun kinerja para ahli farmasi yang tersedia. Dengan demikian akan membantu meningkatkan kesejahteraan sekaligus kesehatan masyarakat, sehingga mampu mewujudkan visi Indonesia Sehat pada 202

Oh iya, sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang tertarik ingin bergabung menjadi anggota PAFI Kabupaten Kapuas, Anda bisa eksplor di link berikut : pafikabkapuas.org

Dengan menjelajahi website tersebut, Anda akan menemukan berbagai agenda kegiatan paling baru dari PAFI Kabupaten Kapuas. Selain itu juga berbagai info kesehatan lainnya yang akan menambah wawasan Anda.

Konklusi

Nah, demikian artikel yang membahas mengenai farmasi, termasuk arti farmasi, fungsi dan peranannya dalam masyarakat di Indonesia. Dan farmasi sendiri telah memiliki sebuah wadah yang bernama PAFI dan telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk PAFI Kabupaten Kapuas.

Semoga apa yang saya sampaikan mudah dipahami, dapat menambah pengetahuan baru seputar farmasi dan yang paling penting dapat bermanfaat bagi Anda pembaca setia Blogmashendra. Nantikan artikel kesehatan yang lainnya di lain kesempatan.

22 komentar untuk "Mengenal PAFI dan Sepak Terjang PAFI Kabupaten Kapuas "

  1. Keren banget nih PAFI Kabupaten Kapuas! Mereka tuh bener-bener ngegas dalam urusan nyokong kesehatan masyarakat dan dukung para ahli farmasi.

    BalasHapus
  2. Keren ini PAFI ada di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Jadinya bisa mengedukasi masyarakat tentang obat²an yang tepat ya. Sehingga kota pun sebagai masyarakat juga makin peduli tentang kesehatan

    BalasHapus
  3. Sudah lama juga hadir persatuan Ahli Farmasi Indonesia ya, Mas. Dan perannya sangat penting, terutama menyangkut obat-obatan. Ini bahkan ada sekolah khusus farmasi dan kuliah jurusan farmasi juga.

    BalasHapus
  4. Jadi tugas farmasi gak hanya bikin formula obat di lab atau meneliti obat2an yaa. Tapi juga sosialisasi obat ke masyarakat.

    Masih banyak tuu yg beli obat tanpa dilihat warna lingkaran di kemasannya. padahal kalau lingkaran biru kan obat agak keras.

    BalasHapus
  5. Untuk gabung jadi anggota PAFI ini, dibuka untuk umum atau orang-orang yang memang berkompeten dalam bidang Farmasi saja kah mas?

    BalasHapus
  6. Wah, masing-masing kota dan kabupaten di Indonesia punya Pafi sendiri ya. Kayak Pafi Kapuas ini. Terus aku pernah baca Pafi Aceh juga.

    BalasHapus
  7. PAFI ini tidak hanya terpusat di JAkarta ya, tapi ada di setiap daerah, untuk memudahkan mewujudkan visi misinya ya

    BalasHapus
  8. Banyak kasus sekarang obat beredar secara bebas tidak digunakan sebagaimana mestinya. Hadirnya farmasi ini sangat berperan penting untuk mengendalikan dan mengedukasi obat di masyarakat. Terlebih bagi PAFI di daerah, masyarakat jadi teredukasi lagi dan semakin sehat tentunya.

    BalasHapus
  9. Bagus sekali program dan kegiatan mereka. Jadinya kita yang masyarakat awam ini juga bisa lebih peduli pada peredaran obat bebas biar nggak sembarangan beli obat di warung dan langsung minum tanpa diagnosis yang benar.

    BalasHapus
  10. Keren ya PAFI ini, tersebar di berbagai daerah. Kalau kayak gini tujuan dari organisasi tersebut akan lebih mudah terlaksana.

    BalasHapus
  11. PAFI ini banyak cabangnya, tidak hanya terpusat di Jakarta saja sih. Di daerah-daerah pun juga ada. Jadi, keberadaannya memang sangat penting bagi masyarakat.

    BalasHapus
  12. Keren yaa PAFI ini, aku baru tahu kalau di setiap provinsi bahkan setiap kota adaa. wah asli, udah melek teknologi jugaa ini pengurusnya, buktinya semua ada websitenya

    BalasHapus
  13. Ahli farmasi ada komunitasnya ya, eh persatuannya. Tapi ahli farmasi kurang dikenal di masyarakat. Dibandingkan apoteker. Mungkin karena kerja dan kegiatannya di balik layar (penelitian)

    BalasHapus
  14. Adanya PAFI jadi ngebantu banget bukan cuma soal obat-obatan, tapi juga mewujudkan visinya untuk Indonesia Sehat.

    BalasHapus
  15. Sungguh inspiratif! Memang benar, farmasi memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang farmasi terus berinovasi untuk mendukung visi Indonesia sehat 2025. Terima kasih kepada semua tenaga farmasi yang telah bekerja keras demi kesehatan kita semua. Semoga terus maju dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa!






    BalasHapus
  16. Senangnya bila keberadaan PAFI ini tersebar di berbagai wilayah di tanah air dan salah satunya di Kapuas. Kalau begini kan, bisa jadi wadah bagi para pekerja dan ahli di bidang farmasi untuk berkembang demi kemajuan negeri. Selain itu, bisa rutin memberi edukasi mengenai obat kepada masyarakat awam.

    BalasHapus
  17. Ternyata berbeda ya apoteker dan ahli Farmasi. Aku pikir sama. Kalau ada PAFI gini jadi enak ya lebih terkoordinasi

    BalasHapus
  18. Gini dong, ada organisasi profesi yang memiliki perwakilan hingga ke daerah-daerah. Sehingga layanannya pun bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
  19. Smg mkn banyak PAFI di daerah yg menyelenggarakan acara serupa ya. Terutama edukasi ke masyarakat utk mengonsumsi obat scr benar dan sesuai peruntukannya.

    Wah PAFI udh masuk Kapuas loh. Di daerahku ada ga ya?

    BalasHapus
  20. Pafi itu ternyata banyak cabangnya, ya. Termasuk di Kapuas. Keren nih, jadi penasaran sama program rutin yang dilakukan sama Pafi di tiap daerah.

    BalasHapus
  21. Semoga PAFI bisa terus memberikan kontribusi terbaiknya terhadap masyarakat sehingga Kemanfaatannya dapat dirasakan oleh khalayak ramai

    BalasHapus
  22. Cabang PAFI udah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dedikasi mereka untuk turut berkontribusi mensejahterakan masyarakat khususnya bidang kesehatan patut untuk diapresiasi setinggi-tingginya

    BalasHapus