Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Memilih Bor Tembok yang Sesuai Kebutuhan

Power Drill

Untuk memasang sekrup di tembok, saya jarang sekali menggunakan palu atau martil. Selain membuat tembok jadi sedikit gompal, melubangi tembok menggunakan palu juga mesti pakai tenaga ekstra. Apalagi jika tembok tersebut sangat keras. Kesalahan sedikit saja bisa membuat tembok jadi gompal tidak karuan, bahkan menimbulkan retakan yang lebar..

Alhasil, saya pun harus meminjam bor tembok milik tetangga yang memang seorang engineer di salah satu hotel terkemuka di Jakarta. Kebetulan saya belum punya bor tembok, jadi ya solusinya pinjam dulu. Namanya juga engineer, pasti punya perkakas yang cukup lengkap, termasuk bor listrik ini.

Melubangi tembok dengan menggunakan bor listrik, ternyata jauh lebih mudah. Tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra, seperti ketika menggunakan palu. Hanya saja perlu tahu triknya bagaimana menggunakan bor yang tepat, agar tembok tidak rusak.

Pada umumnya bor tembok sering digunakan oleh tukang bangunan profesional maupun orang-orang yang senang melakukan proyek DIY (do-it-yourself). Bor tembok sangat membantu berbagai aktivitas untuk memasang lukisan, pigura, rak susun maupun dekorasi lainnya. Biasanya tersedia dalam beberapa jenis, seperti bor cordless, impact drill, electric drill hingga bor listrik portable.

Panduan Memilih Bor Tembok yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap bor memiliki fungsi yang berbeda, mulai dari keperluan rumah tangga, kerajinan tangan maupun proyek DIY, sehingga Anda membutuhkan bor dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan. Jangan sampai Anda sudah membeli bor, tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan, sehingga produk tidak bisa digunakan secara optimal.

Maka dari itu, perhatikan panduan di bawan ini ketika Anda ingin memilih dan menggunakan bor tembok yang tepat :

1. Kenali apa saja jenis-jenis bor

Sebelum memutuskan menggunakan atau membeli bor tembok, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dulu jenis-jenis bor yang tersedia, sehingga Anda bisa membeli produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Jika salah dalam memilih jenis bor, maka bisa saja bor tidak bisa digunakan untuk material tertentu.

Bor tangan, yang dilengkapi dengan beragam mata bor

Bor yang satu ini biasa disebut juga drill driver, merupakan jenis bor tembok yang sering digunakan. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh bor tangan ini terdiri dari melepas baut, melubangi, mengencangkan, memotong hingga mengasah benda tajam. Biasanya, produk ini dijual satu set dengan beberapa macam mata bor. 

Agar bor lebih awet, hindari untuk menggunakan bor secara paksa. Jika memang kekuatan bor kurang, jangan dipaksakan. Ganti dengan bor yang tenaganya lebih besar. Disarankan untuk menggunakan jenis bor impact drill.

Para pemula dan wanita bisa memilih bor listrik portable

Baik pemula, seperti saya maupun kaum hawa yang pertama kali ingin menggunakan bor, bisa memilih jenis bor berukuran kecil (portable). Meski ukurannya kecil, tetapi memiliki beberapa kelebihan, yaitu ringan, compact dan mudah digenggam. Bor jenis ini juga lebih mudah digunakan pada ruang yang sempit atau sulit dijangkau dengan bor pada umumnya.

Jenis bor portable ini cukup baik untuk mengencangkan baut pada furnitur rakitan. Harganya yang tidak terlalu mahal, menjadi pilihan yang pas bagi pemula yang baru menyelami kerajinan DIY. Enaknya bor ini adalah sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana. Bisa disimpan di dalam tas berukuran kecil juga.

Pekerjaan yang lebih berat, bisa menggunakan impact drill

Untuk mengebor tembk yang lebih tebal, seperti tembok beton, Anda bisa menggunakan jenis bor beton atau impact drill, yang memiliki tenaga lebih besar dibanding bor tangan. Cara kerja br ini adalah dengan memberikan tenaga hentakan sambil memutar baut, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk memasang skrup berukuran panjang. Jenis bor ini biasanya lebih cocok untuk pekerjaan berat, misalnya saja proyek pertukangan, bongkar pasang maupun menanam sekrup.

Pada beberapa impact drill juga dilengkapi dengan fungsi hammer drill, sehingga akan memberikan efek hentakan yang lebih kuat untuk memasang sekrup. Jenis bor ini cocok juga untuk mengebr beton. Hindari untuk menggunakan jenis bor impact drill dan vibration drill dengan tenaga yang kuat, karena khawatir akan merusak ulir baut.

2. Memilih bor berdasarkan sumber daya listrik

Berdasarkan sumber daya listrik, bor terbagi menjadi dua jenis, yaitu bor yang menggunakan kabel dan bor yang menggunakan baterai. Setiap jenis bor memiliki keunggulan dan kekurangannya. Jadi, pilihlah jenis bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kemudahan penggunaannya.

Bor tembok listrik menggunakan baterai : lebih praktis digunakan di indoor maupun outdoor

Bor listrik bertenaga baterai atau cordless drill tidak perlu menghubungkan dengan colokan listrik, sehingga bisa lebih mudah digunakan di berbagai tempat, baik di indoor maupun outdoor. Namun, pemakaian bor ini terbatas, karena baterai bor bisa saja habis sewaktu-waktu, dan perlu diisi ulang agar bisa digunakan kembali.

Perhatikan durasi pengisian baterai pada bor, waktu pengisian daya yang singkat, biasanya penggunaannya juga singkat. Maka dari itu, pilihlah bor yang bisa diisi penuh selama 3 jam hingga 4 jam. Jenis baterai bor juga memengaruhi kualitas bor. Sebaiknya memilih baterai jenis lithium-ion yang diklaim lebih awet dibanding baterai jenis nickel-cadmium.

Selain itu, tenaga baterai pada bor juga beragam. Sebaiknya periksa terlebih dulu berapa besar tegangannya atau voltasenya. Standar tegangan yang digunakan pada bor listrik berkisar antara 3,6 V hingga 36 V. Untuk pekerjaan yang ringan, seperti proyek DIY, Anda bisa memilih jenis bor 10,8 V. Jadi, pilihlah besar voltase bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bor listrik menggunakan kabel : untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama

Jika Anda ingin menggunakan bor untuk waktu yang lama dan tenaga yang konstan, maka bisa memilih jenis bor yang menggunakan kabel. Pada umumnya, jenis bor yang menggunakan kabel harganya lebih terjangkau daripada bor yang menggunakan baterai. Anda juga tidak perlu mengganti atau mengisi ulang baterai bor.

Bor Listrik

Berhubung menggunakan kabel, pergerakannya relatif terbatas dan kurang cocok digunakan di luar ruangan (outdoor). Jika Anda lebih banyak menggunakan bor di dalam ruangan, maka jenis bor kabel bisa dijadikan pilihan.

3. Besarnya torsi akan memengaruhi kenyamanan dalam bekerja

Torsi berarti kemampuan bor dalam mengencangkan baut atau sekrup dan diukur dengan satuan newton per meter (N/m). Besaran torsi juga akan memengarhi kinerja dari bor itu sendiri. Semakin besar nilai torsinya, maka makin kuat bor tersebut bekerja. Hal ini cukup penting diperhatikan, agar Anda tetap nyaman selama bekerja menggunakan bor tersebut.

Untuk pekerjaan rumah tangga, biasanya membutuhkan bor bertenaga antara 20 - 49 N/m. Bor listrik dengan torsi kisaran ini dinilai cukup untuk proyek DIY atau merakit mebel. Jika ingin mengencangkan baut berukuran besar, Anda bisa memilih jenis bor dengan torsi sekitar 50 N/m atau lebih. Untuk pekerjaan profesional yang lebih besar lagi, tersedia bor dengan torsi sekitar 70 N/m.

4. Harap perhatikan : kecepatan putaran harus disesuaikan dengan material yang akan dikerjakan

Penting untuk memperhatikan kecepatan putaran mata bor pada material yang akan Anda kerjakan, sehingga bor listrik bisa bekerja secara optimal. Semakin keras material yang dikerjakan, maka semakin besar kecepatan putaran yang dibutuhkan, biasanya lebih dari 2.000 rpm. Untuk mengukur seberapa cepat putaran, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih bor listrik yang dilengkapi dengan fungsi CVT (continuously variable transmission). 

5. Selalu cek kapasitas penjepit (chuck) jika ingin memasang mata bor untuk drilling

Kemampuan mata bor untuk melubangi tergantung dari besar kapasitas chuck, yang diindikasikan dalam satuan milimeter. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memeriksa terlebih dulu kapasitas penjepit mata bor atau chuck. Hindari memasang mata bor yang lebih besar dari kapasitas chuck. 

Biasanya terdapat 3 tipe mata bor, yaitu 6,5 mm, 10 mm dan 13 mm. Sebagai acuan, bor 13 mm bisa untuk memasang mata bor yang ukurannya lebih kecil, seperti 6,5 mm dan 10 mm.

6. Perhatikan fitur tambahan yang akan memudahkan pekerjaan pemula

Pada beberapa produk bor telah dilengkapi dengan fitur tambahan yang akan membantu pekerjaanda jadi lebih mudah dan nyaman. Fitur-fitur tersebut sangat berguna bagi mereka yang belum terbiasa atau pemula yang baru pertama kali menggunakan bor listrik. Berikut beberapa fitur tambahan yang ada pada bor listrik :

  • Chuck tanpa kunci : Anda bisa memasang dan melepaskan mata bor tanpa kunci chuck.
  • Reversible : Berkat fitur ini, akan memungkinkan mata bor berputar ke arah sebaliknya, sehingga bisa digunakan untuk memasang atau melepas sekrup atau baut.
  • Lampu LED : Anda tetap bisa bekerja menggunakan bor di dalam kondisi ruangan yang gelap atau minim cahaya.
  • Indikator baterai : Pada bor telah dilengkapi dengan indikator level baterai.
  • Tombol variasi kecepatan : Fitur yang memungkinkan untuk mengatur kecepatan dari tinggi ke rendah atau sebaliknya.

Tips di atas sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan bor untuk memasang sekrup maupun memajang furniture di tembok. Namun, bagaimana jika tembok telah dipasangi keramik. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda ketika ingin melubangi tembok berkeramik menggunakan bor. Maka dari itu, simak tips cara mengebor keramik. Selain tembok yang dipasangi keramik, tips tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengebor keramik dengan benar.

Kawan Lama Solution, Platform Perkakas Terlengkap dari Berbagai Merek

Untuk mencari berbagai perkakas penting, seperti bor tembok atau electric drill misalnya, Anda bisa mengunjungi platform Kawan Lama Solution melalui website www.kawanlama.com. Di sini, Anda akan mendapatkan produk mesin bor tembok berkualitas dengan harga terbaik. 

Berbagai jenis produk mesin bor tembok yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bisa dengan mudah Anda dapatkan di Kawan Lama Solution, mulai dari pekerjaan rumah tangga (seperti memasang furniture) hingga proyek industri canggih. Khusus profesional yang membutuhkan bor untuk industri, telah tersedia berbagai bor tembok yang andal dan inovatif, lengkap dengan teknologi terkini untuk memberikan performa yang unggul dalam menyelesaikan tugas-tugas konstruksi.

Harga Mesin Drill

Untuk kebutuhan pengerjaan rumah tangga atau proyek DIY, Kawan Lama Solution juga menawarkan produk bor tembok berkualitas tinggi, sehingga akan menghasilkan power drill yang tangguh. Dengan demikian bisa menjadi mitra setia dalam proyek-proyek skala kecil maupun menengah. 

Koleksi produk bor tembok yang tersedia meliputi beragam merek populer yang telah teruji dalam industri, mulai dari Krisbow, Fuji, Metabo hingga Toku. Selain itu juga tersedia beragam jenis produk bor tembok, baik mesin bor baterai (cordless drill) maupun bor dengan menggunakan kabel listrik. Produk-produk yang hadir memastikan Anda mendapatkan produk bor tembok dan harga mesin drill yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Keuntungan Membeli Produk Bor Tembok Melalui Kawan Lama Solution

Kawan Lama Solution merupakan solusi terbaik bagi Anda dalam memenuhi kebutuhan untuk mengerjakan beragam proyek, mulai dari skala kecil, menengah hingga proyek skala besar, seperti industri. Produk yang disajikan menawarkan keandalan dan kemudahan penggunaan, sehingga memberikan Anda alat yang efisien untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan secara presisi dan hasil yang memuaskan.

Electric Drill

Kawan Lama Solution menyediakan berbagai pilihan bor tembok berkualitas tinggi, yang akan memberikan jaminan bahwa Anda bisa menyelesaikan proyek-proyek dengan lebih lancar dan efektif.

Setiap bor tembok yang disediakan dipilih secara cermat untuk memastikan performa yang andal dan daya tahan yang tinggi. Dengan menggunakan teknologi paling baru, produk bor bisa memberikan hasil yang akurat dan efisien, sesuai dengan standar tertinggi dalam industri.

Konklusi

Meski kelihatannya mudah, akan tetapi menggunakan perkakas, seperti bor tembok, tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena akan berdampak pada hasil akhir pengerjaan. Jika tidak diperhatikan dengan baik, bisa saja material yang dibor akan mengalami kerusakan, sehingga hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dalam pemilihan bor tembok juga harus diperhatikan dengan baik, mulai dari fungsinya, kapasitas mata bor hingga jenis bor yang digunakan. Harus disesuaikan dengan material yang akan dibor. Semakin kuat tembok yang akan dibor, maka diperlukan kapasitas torsi bor yang lebih besar, sehingga pekerjaan jadi lebih optimal.

Untuk membantu memudahkan pengerjaan ringan, seperti memasang sekrup di rumah, setidaknya minimal Anda perlu memiliki bor tangan, sehingga tidak perlu bingung meminjam ke sana ke mari. Maka dari itu, pastikan Anda membeli produk mesin bor tembok dan berbagai perkakas penting lainnya hanya di Kawan Lama Solution.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :

  • https://id.my-best.com/14896
  • https://www.kawanlama.com/category/power-tool/electric-drill

23 komentar untuk "Panduan Memilih Bor Tembok yang Sesuai Kebutuhan"

  1. Suami punya berbagai peralatan bor nih. Tergantung daya dan mata bor juga sih. Ada bor yang bisa untuk tembok beton. Ada juga bor yang bisa diatur reverse, buat buka sekrup.
    Dan memang tiap rumah tangga baiknya sih perlu punya ya, jadi engga perlu pinjam tetangga...wkwkw...
    Hihi...kejadian nih sama suami, dipinjam tetangga, kebakar dong...huf...Pakenya engga bener nih tetangga. Bikin be-te aja...

    BalasHapus
  2. Belum punya bor portable nih. Kudu beli yaa soalnya lebih mudah digunakan, bahkan untuk wanita. Di rumah adanya bor yg konvensional.

    BalasHapus
  3. Baru tau dong kalo ada banyak jenis bor. Kalo bor untuk rumahan, mending pake bor listrik ya, biar lebih awet.

    BalasHapus
  4. Temanku ada yang baru buka toko baju. Karena toko baju, maka dia butuh untuk buat gantungan baju di tembok gitu. Makanya, dia beli bor tembok gitu. Nggak kusangka ternyata ada banyak sekali pertimbangan yang harus kita pikirkan sebelum membeli bor tembok.

    BalasHapus
  5. Iya bener, tembok saya dulu jadi rusak karena saya suka masang sesuatu di tembok dengan menggunakan palu. Sekarang setelah pindah rumah, saya gak berani mukul-mukul tembok pakai palu. Suami pun memilih untuk membeli bor. Ternyata dengan bor memang lebih mudah dan aman.

    BalasHapus
  6. Aku juga seneng sama alat-alat pertukangan, sudah punya beberapa sich, sudah bisa pasang lepas pintu. Cuma mungkin belum terbiasa.

    BalasHapus
  7. Ada banyak kriteria juga ya yang harus dipikirkan dalam memilih bor tembok. Kebetulan saya juga lagi cari lagi karena bor tembok yang di rumah patah mata bornya huhu..

    BalasHapus
  8. Berarti kalau mau beli dan memilih bor kudu perhatikan torsinya jua ya, selain fungsinya. Biar pas digunakan nggak capek juga kitanya hehe. Apalagi ini bor-bornya bisa digunakan oleh pemula dan kaum hawa juga. Sat-set banget dah

    BalasHapus
  9. Eh, benar juga, ya. Buat yang suka DIY cocok banget nih punya bor sendiri. Dan ternyata ada bor yang cocok untuk wanita juga, ya.

    BalasHapus
  10. Biar ngga salah pilih memang paling enak belanja di Kawan Lama Solution ya. Jadi bisa pilih bor tembok sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  11. Bor tembok ini emang gak boleh sembarangan. Karena kalau ngasal, hasilnya bisa fatal. Tembok jadi rusak, terus lubang yang dibor juga tisak sesuai. Untuk memilih bor tembok harus teliti dan jeli. Biar gak salah beli.

    BalasHapus
  12. Banyak banget ya jenis bor itu. Bahkan hrs menyesuaikan dgn bahan yg akan di bor. Tentu bor utk kaca akan beda dgn bor kayu dong.

    Kawan Lama ini komplit banget ya kak nyediain jenis bor berbagai tipe. Kita bs bebas pilih sesuai kebutuhan dan budget. Ga usah ribet cari toko sebelah kalo di Kawan Lama udh komplit.

    BalasHapus
  13. Ini persis banget sama yang dibeli suamiku bulan lalu hahaha gara2 temboknya gabisa dipaku pake palu wkwkwk jadi terpaksa harus beli bor tembok

    BalasHapus
  14. Kawan Lama ini bener-bener lengkap ya alat-alat yang dijualnya, sampai beragam jenis bor saja ada di sana. Tak heran Kawan lama banyak dipercaya oleh masyarakat untuk membeli alat-alat untuk perbaikan seperti bor ini

    BalasHapus
  15. Rupanya bor listrik portabel, selain bisa dimanfaatkan untuk peruntukan pada ruangan yang sempit, bisa juga dimanfaatkan oleh kaum perempuan yang basanya nggak selalu nyaman menenteng bor yang biasanya berat.

    BalasHapus
  16. Terima kasih tipsnya nih, Kak. Selama ini kalau mau beli mesjn bor cuma pilih merek aja. Ternyata ada banyak yang perlu diperhatikan. Kswan Lama Solution benar-benar bisa menjadi solusi kebutuhan perlengkapan mesin ya, Kak.

    BalasHapus
  17. Kebetulan suami juga punya bor listrik, tapi entah jenisnya yang mana. Kukira dulu buat apa beli bor listrik segala, eh ternyata makin ke sini paham, penting bangey buat benerin perkakas rumah yang rusak

    BalasHapus
  18. Ah ya, jadi bor tembok ini ada yang menggunakan kabel, ada juga yang menggunakan baterai ya kak. Nah yang baterai jadi bisa dibawa-bawa ke mana aja deh

    BalasHapus
  19. wah informasi yang sangat bermanfaat. kebetulan lagi butuh bor tembok buat rumah, cuma gak tau merek apa yang bagus. makasih kak bisa jadi inspirasi nih

    BalasHapus
  20. Oalahhh...mesti pakai bor listrik ya ternyata. Aku sering kepengen beli rak dinding buat naruh buku yang kecil-kecil, sekaligus buat wall decor. Tapi sering kepentok di urusan masangnya karena dinding malah jadi sompel kalo coba dipaku.

    BalasHapus
  21. Wah, nih suamiku paling seneng koleksi perkakas pertukangan kek bor ini. Ternyata di Kawan Lama Solution, tersedia lengkap banget ya.. biar suamiku kepoin web nya ah..hehe...

    BalasHapus
  22. Bor ini penting banget ada di rumah.
    Tapi aku gak berani pakai sendiri siih.. cuma pernah lihat kalau ada yang mengebor tembok dan material temboknya keras, butuh mata bor yang lebih kuat.
    Gak nyangka, pilihannya ada banyak banget di Kawan Lama.

    BalasHapus
  23. Keren banget nih Kawan Lama Solution! Buat yang lagi nyari bor tembok, kayaknya di sini tempat yang pas deh. Banyak pilihan merek terkenal, dari Krisbow sampai Metabo, plus ada yang cordless juga. Jadi mau buat proyek DIY di rumah atau proyek besar, tinggal pilih aja. Teknologi terbaru dan harganya juga oke banget, cocok deh buat segala kebutuhan.

    BalasHapus